Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Rokok Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2016. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai oleh perusahaan sebagai acuan referensi informasi dalam kebijakan bidang produksi dan promosi perusahaan sehingga perusahaan dapat mendapatkan laba dengan optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga dalam penelitian diambil 4 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) ada pengaruh biaya produksi terhadap laba bersih perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 2) ada pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; dan 3) ada pengaruh biaya produksi dan biaya promosi secara bersama-sama terhadap laba bersih manufaktur sektor industri barang konsumsi sub rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.