Peran Explanatory Style Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa KKNI Angkatan 2015 Fakultas Psikologi Universitas "X" di Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan gambaran kontribusi explanatory style terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa KKNI angkatan 2015 Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ di Bandung. Karakteristik dari subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2015 yang berkuliah di Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ di Bandung. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 139 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kontribusi dengan teknik pengambilan data menggunakan 2 buah kuesioner, yang masing-masing terdiri dari 73 item dan 48 item untuk explanatory style. Skor akhir dari kuesioner explanatory style kemudian akan diregresikan dengan skor akhir prokrastinasi akademik menggunakan program SPSS 2.0. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, didapatkan hasil bahwa terdapat kontribusi negatif yang signifikan (R2 = 0.050, B = -1.617) explanatory style terhadap prokrastinasi akademik sebesar 5%. Simpulan yang diperoleh adalah terdapat kontribusi yang signifikan dari explanatory style terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa KKNI angkatan 2015 Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ di Bandung. Peneliti mengajukan saran kepada pihak Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ di Bandung untuk dapat lebih mengembangkan program pembelajaran yang memberikan kontrol pada mahasiswa agar dapat mengerjakan tugas-tugasnya tanpa menunda. Peneliti juga memberikan saran kepada peneliti selanjutnya yang ingin lebih dalam meneliti variabel yang serupa untuk dapat ikut serta meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik. Kata kunci : Explanatory Style, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa pada masa dewasa awal