Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan Self-Regulation dan Prestasi Akademik pada siswa kelas XI SMAN 2 Bandung. Penelitian ini dilakukan kepada 221 siswa menggunakan Accidental Sampling sebagai teknik penarikan sampel dengan karakteristik sampel adalah siswa kelas XI di SMAN 2 Bandung Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Self-Regulation yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek self-regulation dari Zimmerman (1998, dalam Bokaerts 2002). Berdasarkan uji validitas terdapat 37 item yang valid dengan nilai antara 0,302 – 0,864 dengan nilai reliabilitasnya sebesar 0,930. Self-regulation dikorelasikan dengan prestasi akademik yang diperoleh dari rata-rata nilai rapor siswa akhir semester. Data yang diperoleh, diolah menggunakan Rank Spearman dengan program SPSS Statistic 23. Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulation dan prestasi akademik dengan nilai koefisien korelasi 0,731 yang tergolong kuat. Hal ini berarti semakin tinggi self-regulation maka semakin tinggi prestasi akademik yang dicapai, dan sebaliknya semakin rendah self-regulation maka semakin rendah prestasi akademik yang dicapai.