Daftar Isi:
  • Perjalanan berbelanja (shopping trip) merupakan perjalanan yang wajib untuk dilakukan namun tidak memiliki jadwal dan frekuensi yang pasti. Perjalanan berbelanja memberikan dampak besar terhadap kebutuhan kinerja sehari-hari transportasi perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lokasi berbelanja pelaku perjalanan dan moda kendaraan yang dipilihnya untuk menuju tempat belanja kebutuhan sehari-hari serta menganalisis klasifikasi pemilihan moda kendaraan untuk melakukan perjalanan berbelanja berdasar lokasi tempat tinggal dan lokasi berbelanja. Hasil analisis menunjukkan bahwa lokasi berbelanja dipilih karena memiliki kelengkapan barang, mudahnya akses menuju lokasi belanja, dan berjarak dekat dari lokasi awal memulai perjalanan. Pelaku belanja yang berbelanja di toko/warung cenderung berjalan kaki, sedangkan yang berbelanja di supermarket cenderung menggunakan sepeda motor atau mobil. Hasil studi juga menunjukkan bahwa lokasi tempat tinggal memberi pengaruh yang khusus terhadap moda yang dipilih dan sekaligus dipengaruhi oleh tingkat ekonomi pelaku belanja.