Daftar Isi:
  • Jumlah penumpang yang menggunakan jasa penerbangan selalu meningkat dari tahun ke tahun, sehingga kebutuhan pesawat juga meningkat. Keselamatan penumpang dipengaruhi oleh kondisi landas pacu. Kondisi landas pacu yang baik menyebabkan tingkat keselamatan yang tinggi dalam pelaksanaan lepas landas maupun pendaratan. Bandara Soekarno-Hatta menggunakan perkerasan kaku pada landas pacunya. Perkerasan yang ada sudah melewati batas umur rencana 20 tahun dan sudah terdapat retakan-retakan di permukaannya. Salah satu pengembalian kondisi perkerasan landas pacu adalah dengan cara melakukan penambahan lapis yang ada dengan tebal tertentu berdasarkan perhitungan perangkat lunak FAARFIELD pada kedua landas pacu tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penambahan lapis landas pacu 1 dan landas pacu 2 Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan perangkat lunak FAARFIELD. Hasil analisis penambahan lapis landas pacu 1 dan landas pacu 2 masing-masing sebesar 20cm dengan menggunakan material Hot-Mix Asphalt (HMA), sehingga memperpanjang umur rencana selama 20 tahun mendatang.