Daftar Isi:
  • Kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan tubuh dan kesehatan kulit membuat industri spa diproyeksikan akan tumbuh 93% di perkotaan besar di Indonesia. Terkait industri spa, peneliti melihat aspek kualitas pelayanan memiliki peranan yang penting dalam perkembangan industri spa dan reflexology di perkotaan besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan ZEN Familiy Spa and Reflexology. Sampel yang digunakan adalah 180 responden. Metode pengambilan sampel adalah menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria responden merupakan konsumen yang pernah menggunakan jasa ZEN Family Spa and Reflexology minimal 1kali dalam waktu 3bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 57,6%. Secara parsial, dimensi tangible tidak berpengaruh secara signifikan, sedangkan dimensi empathy, responsiveness, reliability, dan assurance berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar.