Daftar Isi:
  • Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi konsumen mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan konsumen yang ada atau sering juga disebut dengan loyalitas konsumen. Pentingnya loyalitas pelanggan dalam pemasaran tidak diragukan lagi. Pemasar sangat mengharapkan dapat mempertahankan pelanggannya dalam jangka panjang, bahkan jika mungkin untuk selamanya. Seorang pelanggan yang loyal akan menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat pengaruh kepribadian merek terhadap loyalitas konsumen dengan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dengan metode survei menggunakan instrumen kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling berjumlah 332 responden, kemudian data dianalisis menggunakan regresi dengan mediasi (Path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi.