Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan M-Banking di BCA
Daftar Isi:
- Perusahaan yang mempunyai kualitas produk atau jasa yang baik akan dihargai oleh konsumen, sehingga nilai dari perusahaan akan meningkat dengan sendirinya. Kualitas yang baik akan dirasakan secara langsung oleh konsumen yang menggunakannya, seperti kualitas pelayanan yang diberikan karyawan dalam suatu perusahaan. Nilai perusahaan yang meningkat membuat loyalitas perusahaan naik, sehingga diperlukan kepuasan konsumen dan kepercayaan yang baik pada loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen sangat penting baik bagi organisasi dan pelanggan. Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat perbankan melakukan inovasi, salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan adanya penggunan mobile banking (m-banking). M-banking memudahkan konsumen dalam melakukan kegiatan berbagai transaksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan pada loyalitas konsumen dalam menggunakan m-banking di BCA. Jenis penelitian ini adalah causal explanatory dengan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung, pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung sebanyak 130 responden dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dalam menggunakan m-banking di BCA pada ruang lingkup Universitas Kristen Maranatha. Untuk menghasilkan penelitian yang lebih relevan sebaiknya peneliti melakukan proses analisis faktor untuk meningkatkan loyalitas konsumen.