Analisis dan Usulan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus PT. Insan Muda Berdikari, Cisarua - Cimahi)
Daftar Isi:
- Perusahaan PT. IMB (Insan Muda Berdikari) merupakan salah satu perusahaan yang berlokasi di Jalan Cisarua, Cimahi. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2009 bergerak dalam bidang peternakan sapi perah dan pada tahun 2012 mulai melakukan pengolahan susu sapi menjadi minuman yoghurt dengan berbagai variansi rasa. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah permintaan yoghurt yang menurun sejak tahun 2016, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dianggap penting oleh konsumen dalam membeli yoghurt, mengetahui tingkat kinerja Yoghurt Youjell pada saat ini, menentukan Segmentation, Targeting, dan Positioning, dan mengetahui strategi penjualan apa yang sebaiknya dilakukan, serta memberikan usulan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Variabel penelitian disusun berdasarkan segmentation, targeting, dan positioning, bauran pemasaran 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu kuesioner ditujukan kepada responden yang pernah mengonsumsi Yoghurt Youjell minimal 1 kali pada periode 1 tahun dan berumur minimal 16 tahun. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner pendahuluan kepada 30 responden terlebih dahulu dan diolah menggunakan persentase. Kuesioner penelitian dibuat berdasarkan hasil dari kuesioner pendahuluan dan uji validitas konstruk serta disebarkan terhadap 110 orang responden, dimana kuesioner berisi pertanyaan mengenai profil responden, tingkat kepentingan, tingkat kinerja dan keunggulan dari pesaing. Pesaing dari Youjell yang teridentifikasi dari kuesioner pendahuluan adalah Yoci. Pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakan metode Correspondence Analysis (CA), Importance Performance Analysis (IPA) dan Uji Hipotesis. Penggabungan hasil dari ketiga metode tersebut akan menghasilkan prioritas perbaikan yang mendasari usulan strategi pemasaran bagi perusahaan. Hasil penelitian untuk targeting dari Youjell, yaitu berjenis kelamin wanita dan bertempat tinggal di Cimahi, usia 19-23 tahun, mahasiswa dengan uang saku diatas Rp 1.500.000-Rp 2.000.000, rasa Yoghurt yang disukai adalah Blueberry, toping tambahan Bubble dan promosi yang yang diinginkan konsumen adalah diskon 10% untuk setiap pembelian 2 botol Yoghurt. Usulan positioning dapat dilihat berdasarkan analisis gabungan dan Segmentation, Targeting, yaitu pada variabel kesegaran yoghurt dan variabel variansi rasa yoghurt dimana konsumen merasa puas dengan performa youjell dan variabel-variabel tersebut dinilai unggul dari pesaing oleh konsumen. serta Sehingga usulan yang dapat diberikan untuk perusahaan youjell adalah memperkuat citra perusahaan dengan menunjukan kesegaran yoghurt Youjell, strategi usulan dengan manambah variansi toping pada yoghurt seperti jelly yang diganti bubble atau dengan agar-agar cincau untuk dapat memperkuat tag line “Fresh Yoghurt With Jelly”.