Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah ingin mengetahui, apakah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha memiliki sifat compulsive buying. Ini adalah suatu sifat dimana seseorang melakukan pembelian berulang-ulang yang tidak direncanakan sama sekali, dari pembelian ini mereka akan sangat senang dan puas setelah membeli barang tertentu. Karena fenomena ini diteliti melalui prespektif pemasaran, maka indikasi yang tepat adalah apakah brand equity memiliki pengaruh terhadap compulsive buying. Metode yang dilakukan untuk melakukan penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner terhadap responden Universitas Kristen Maranatha sebanyak 176 responden. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha secara acak. Hasil dari penelitian adalah, Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha sebagian besar memiliki sifat compulsive buying. Akan tetapi, karena keterbatasannya sebagai seorang mahasiswa, mereka enggan melakukan hal itu dikarenakan tidak memiliki dana untuk membeli Iphone. Di sisi lain, beberapa dari responden menjawab bahwa hasil yang didapat dari perilaku tersebut sangatlah tidak sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Maka kesimpulannya pengaruh brand equity terhadap compulsive buying adalah mempengaruhi tetapi tidak signifikan.