Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi saat ini dijadikan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan perusahaan baik dalam proses memproduksi suatu produk sampai dihasilkan suatu produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu peranan penting dalam proses penghantaran produk untuk sampai di tangan konsumen yaitu adanya peranan dari seorang pemasar. Guna menjangkau seluruh konsumen, seorang pemasar saat ini menggunakan teknologi terbaru dalam rangka meminimalisasi biaya, menjangkau seluruh konsumen, dan menciptakan efektivitas yaitu menggunakan perantara media sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisis pengaruh perbedaan karakteristik pengguna media sosial pada aktivitas online konsumen. Jenis penelitian ini adalah Sequential Explanatory dengan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas daerah Bandung Utara, pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung sebanyak 305 responden dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan karakteristik pengguna media sosial pada aktivitas online konsumen pada ruang lingkup Universitas Kristen Maranatha yang dapat disegmentasikan dalam beberapa kategori yaitu expressers & informers, engagers, networker, dan wacthers & listeners. Untuk menghasilkan penelitian yang lebih relevan sebaiknya peneliti melakukan proses analisis faktor untuk menciptakan segmentasi-segmentasi yang sesuai dengan karakteristik pengguna media sosial pada ruang lingkup Universitas Kristen Maranatha.