Hubungan Antara Regulasi-Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angaktan 2015 di Universitas "X" Bandung
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara prokrastinasi akademik dan regulasi diri pada mahasiswa fakultas psikologi angkatan 2015 di Universitas “X” Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi mahasiswa fakultas psikologi angkatan 2015 di Universitas “X” Bandung yang berjumlah 144 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori prokrastinasi akademik yang dikemukakan oleh Ferari, dan teori regulasi diri yang dikemukakan oleh Baumeister. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi yang digunakan untuk melihat hubungan antara prokrastinasi akademik dan regulasi diri. Alat ukur prokrastinasi akademik dan regulasi diri yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuisioner yang dibuat sendiri oleh peneliti. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi Spearman dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Validitas dari alat ukur prokrastinasi akademik dan regulasi diri berkisar dari 0,319 – 0,674 dengan reliabilitas 0,880 untuk variabel prokrastinasi akademik dan 0,889 untuk regulasi diri. Berdasarkan hasil uji korelasi antara prokrastinasi akademik dan regulasi diri menunjukan bahwa terdapat hubungan antara prokrastinasi akademik dan regulasi diri dengan arah negatif. Artinya, setiap peningkatan dalam prokrastinasi akademik, akan semakin menurunkan regulasi-diri responden. Begitu pula sebaliknya, semakin menurun kecenderungan responden untuk melakukan prokrastinasi akademik, maka regulasi-dirinya akan meningkat. Peneliti mengajukan saran agar responden dengan prokrastinasi akademik tinggi dan regulasi diri yang rendah perlu di ikutsertakan dalam pelatihan management waktu, kiat-kiat dalam mengerjakan tugas akademik dengan baik, atau pelatihan sejenis lainnya.