Daftar Isi:
  • Menunda-nunda pengerjaan skripsi sering dilakukan oleh mahasiswa karena berbagai faktor, salah satunya faktor eksternal yang berasal dari dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui apakah ada hubungan antara Dukungan Sosial Dosen Pembimbing dengan Prokrastinasi Akademik dengan metode korelasi. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Penulisan Proposal Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas ‘X’ Bandung. Terdapat 80 mahasiswa yang berpartisipasi di dalam penelitian ini yang berdasarkan populasi. Setiap partisipan melengkapi kuesioner yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori dari House (1981)dan Ferarri (1995), dan terdiri dari 64 item dan 46 item. Skor dukungan sosial dengan dikorelasikan skor prokrastinasi mengunakan uji korelasi Spearman di dalam program SPSS 23. Berdasarkan uji validitas, didapatkan 46 item valid untuk kuesioner dukungan sosial yang berkisar 0.210-0,729, dan reliabilitas 0.943. Sedangkan uji validitas untuk kuesioner prokrastinasi akademik, didapatkan 57 item valid yang berkisar pada 0.140 – 0.724, dengan reliabilitas sebesar 0.925. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, hasil menunjukan bahwa dukungan sosial dan prokrastinasi memiliki korelasi yang negatif (r= -0,060) . sedangkan dukungan sosial tidak siginifikan dengan prokrastinasi akademik (masing masing r=0,600).Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dosen pembimbing dengan prokrastinasi akademik dan tidak signifikan antara dukungan sosial dosen pembimbing dengan prokrastinasi akademik. Peneliti mengajukan saran agar mahasiswa dan dosen pembimbing untuk dapat mengontrol aktivitas yang dapat menggangu pengerjaan P2S. Selain itu bagi peneliti lain yang akan melanjutkan penelitian selanjutnya memperhatikan sumber lain dari dukungan sosial yang mungkin memiliki keterkaitan dengan prokrastinasi dan memperhatikan faktor lain dari prokrastinasi yang mungkin memiliki keterkaitan.