Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh primacy recency effect terhadap daya ingat pada mahasiswa Universitas “X” Bandung. Mahasiswa akan menerima banyak informasi, terutama mengenai materi perkuliahan. Primacy Recency Effect mungkin dapat terjadi pada saat mahasiswa mengingat kembali informasi atau materi yang telah diberikan. Terdapat 251 orang mahasiswa universitas “X” yang menjadi sample dalam penelitian ini yang dipilih berdasarkan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan Within-subject Design dan dilakukan kontrol dengan teknik counterbalancing. Dari hasil uji statistik Repeated Measure Anova yang dilakukan, terdapat perbedaan yang signifikan pada posisi kata awal, kata tengah dan kata akhir yang berhasil diingat. Kata pada posisi awal dan akhir lebih diingat dibandingkan kata pada posisi tengah (M = 4.092, SD = 1.4239 pada posisi awal, M = 2.861, SD = 1.5233 pada posisi akhir dan M = 2.363, SD = 1.4450 pada posisi tengah). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari primacy recency effect. Kata awal yang mana terjadinya primacy effect lebih banyak terjadi dibandingkan recency effect. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menambah data mengenai strategi apa yang digunakan dalam mengingat stimulus dan dapat melakukan suatu inovasi baru dalam penelitian primacy recency effect.