Studi Deskriptif Mengenai Derajat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas "X" Bandung
ctrlnum |
24069 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Studi Deskriptif Mengenai Derajat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas "X" Bandung
</title><creator>Nigrum, F. Anindya Dwi Puspa (1330044)</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran derajat kecemasan
akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas “X” Bandung.
Mahasiswa baru dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kegiatan pembelajaran yang dapat
memunculkan kecemasan apabila dihayati sebagai situasi evaluatif. Penelitian ini
menggunakan Teori Kecemasan Akademik (Ottens, 1991). Subjek dalam penelitian ini adalah
populasi mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas “X” Bandung yang
berjumlah 127 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Alat ukur kecemasan akademik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil
rancangan peneliti yang terdiri dari 44 item. Data yang diperoleh diolah menggunakan
program SPSS 20.0 for Windows, melalui distribusi frekuensi. Validitas dari alat ukur
kecemasan akademik ini berkisar antara 0.316 – 0.610 dengan reliabilitas 0.888.
Berdasarkan pengolahan data secara statistik, diketahui bahwa hasil pengolahan data
memerlihatkan 55,2% mahasiswa mengalami kecemasan akademik dengan derajat yang
rendah dan 44,8% mahasiswa mengalami kecemasan akademik dengan derajat yang tinggi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi
Angkatan 2017 Universitas “X” Bandung mengalami kecemasan akademik dengan derajat
yang rendah.
Peneliti mengajukan saran bagi peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian
mengenai kontribusi self-confidence yang berkaitan dengan kepemilikan hardskill dan
softskill terhadap kecemasan akademik mahasiswa Fakultas Psikologi. Bagi pihak fakultas,
hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan saran-saran mengenai cara untuk
menurunkan kecemasan akademik khususnya untuk mahasiswa yang mengalami kecemasan
akademik dengan derajat yang tinggi yang dapat dilakukan melalui dosen wali.
</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/1/1330044_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/2/1330044_Appendices.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/3/1330044_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/4/1330044_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/5/1330044_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/6/1330044_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/7/1330044_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/8/1330044_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/24069/9/1330044_References.pdf</identifier><identifier> Nigrum, F. Anindya Dwi Puspa (1330044) (2017) Studi Deskriptif Mengenai Derajat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas "X" Bandung. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/24069/</relation><recordID>24069</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nigrum, F. Anindya Dwi Puspa (1330044) |
title |
Studi Deskriptif Mengenai Derajat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas "X" Bandung |
publishDate |
2017 |
topic |
BF Psychology |
url |
http://repository.maranatha.edu/24069/1/1330044_Abstract_TOC.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/2/1330044_Appendices.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/3/1330044_Chapter1.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/4/1330044_Chapter2.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/5/1330044_Chapter3.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/6/1330044_Chapter4.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/7/1330044_Conclusion.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/8/1330044_Cover.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/9/1330044_References.pdf http://repository.maranatha.edu/24069/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran derajat kecemasan
akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas “X” Bandung.
Mahasiswa baru dituntut untuk menyesuaikan diri dengan kegiatan pembelajaran yang dapat
memunculkan kecemasan apabila dihayati sebagai situasi evaluatif. Penelitian ini
menggunakan Teori Kecemasan Akademik (Ottens, 1991). Subjek dalam penelitian ini adalah
populasi mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 di Universitas “X” Bandung yang
berjumlah 127 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Alat ukur kecemasan akademik yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil
rancangan peneliti yang terdiri dari 44 item. Data yang diperoleh diolah menggunakan
program SPSS 20.0 for Windows, melalui distribusi frekuensi. Validitas dari alat ukur
kecemasan akademik ini berkisar antara 0.316 – 0.610 dengan reliabilitas 0.888.
Berdasarkan pengolahan data secara statistik, diketahui bahwa hasil pengolahan data
memerlihatkan 55,2% mahasiswa mengalami kecemasan akademik dengan derajat yang
rendah dan 44,8% mahasiswa mengalami kecemasan akademik dengan derajat yang tinggi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Fakultas Psikologi
Angkatan 2017 Universitas “X” Bandung mengalami kecemasan akademik dengan derajat
yang rendah.
Peneliti mengajukan saran bagi peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian
mengenai kontribusi self-confidence yang berkaitan dengan kepemilikan hardskill dan
softskill terhadap kecemasan akademik mahasiswa Fakultas Psikologi. Bagi pihak fakultas,
hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan saran-saran mengenai cara untuk
menurunkan kecemasan akademik khususnya untuk mahasiswa yang mengalami kecemasan
akademik dengan derajat yang tinggi yang dapat dilakukan melalui dosen wali.
|
id |
IOS3452.24069 |
institution |
Universitas Kristen Maranatha |
institution_id |
45 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha |
library_id |
530 |
collection |
Maranatha Repository System |
repository_id |
3452 |
subject_area |
Ekonomi Kesehatan dan Kedokteran Program Komputer dan Teknologi Informasi |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3452 |
first_indexed |
2018-03-10T01:29:20Z |
last_indexed |
2018-03-10T01:29:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764511567150317568 |
score |
17.538404 |