Daftar Isi:
  • Dengan berkembangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dengan didukung ketersediaan fasilitas internet yang berguna membantu proses pertukaran informasi secara cepat memunculkan proses pembelajaran berbasis teknologi informasi sepenuhnya yang dikenal dengan e-learning. Blended learning yang merupakan sistem kolaborasi antara e-learning dengan sistem pembelajaran konvesional tatap muka yang sudah mulai banyak digunakan oleh institusi pendidikan di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu dalam pemanfaatan blended learning, membutuhkan model data yang cukup besar maka dari itu salah satu ilmu yang dapat digunakan adalah teknik data mining. Penelitian ini mengeskplorasi hasil analisis data pembelajaran dengan blended learning agar dihasilkan suatu model data yang berguna untuk memberi masukan kepada sistem dan pengajar untuk melakukan penyesuaian sistem pembelajaran terhadap kebutuhan mahasiswa dalam proses pembelajaran, dari model yang didapat terlihat perlu adanya peningkatan aktifitas mahasiswa dengan sistem secara blended learning. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan minat belajar. Dalam penelitian ini diusulkan empat fitur, yaitu livestreaming, forecasting, tournament, dan leaderboard. Dari hasil evaluasi terlihat bahwa minat belajar berbasis blended learning dapat ditingkatkan.