Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa / mahasiswi yang Pernah Berbelanja Online di Website Lazada.com di Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Teknologi informasi selalu berkembang sampai saat ini. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, seperti digital marketing atau internet marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian konsumen (Penelitian pada situs belanja online Lazada.com). Untuk itu, peneliti melakukan penelitian terhadap mahasiswa Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Jenis penelitian ini adalah Causal Explanatory atau penelitian ekspalanatori kausal. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa atau mahasiswi jurusan Manajemen fakultas ekonomi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan transaksi belanja di situs belanja online Lazada.com. Penelitian ini menggunakan cara Purposive Sampling, karena itu peneliti hanya akan meneliti 300 responden dari populasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh sebesar 17% terhadap keputusan pembelian konsumen di Lazada.com.