Pengaruh Types of Online Buyers pada Website Design Factors (Studi pada Konsumen Pakaian di Online Shop)
Daftar Isi:
- Perkembangan e-commerce yang semakin meningkat dari hari ke hari memberikan prospek bagi pemasar dalam menciptakan konsep online shopping dengan dukungan berbagai media internet, salah satunya website. Namun demikian, beragam karakteristik yang dimiliki setiap konsumen akan memungkinkan konsumen untuk memberikan persepsi atau respon yang berbeda terhadap variabel-variabel karakteristik situs web. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh types of online buyers pada website design factors seperti website design, website reliability/fulfillment, website customer service, dan website security/privacy. Penelitian ini dilakukan menggunakan 219 responden yang pernah berbelanja pakaian di online shop dengan metode uji validitas, uji realibilitas, uji homogenitas, dan analisis manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa types of online buyers berpengaruh signifikan pada website design dan website customer service, sementara itu types of online buyers tidak berpengaruh signifikan pada website reliability/fulfillment dan website security/privacy.