"Analisis Model Antrian untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah baru "
ctrlnum |
23483 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>"Analisis Model Antrian untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah baru
"
</title><creator>Apriyatni, Putri (1352332)</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Aktivitas operasi pada suatu bank meliputi seluruh transaksi yang terjadi di bank tersebut seperti, pembukaan rekening, penyetoran, dan penarikan tabungan, transaksi giro, penarikan cek dan wesel, transfer dana, dan sebagainya. Setiap nasabah yang melakukan transaksi atau kegiatan yang berhubungan dengan uang tunai akan dilayani oleh teller. Fenomena umum yang sering terjadi di sini adalah nasabah harus antri dan menunggu sebelum mendapatkan pelayanan. Dalam upaya mendapatkan pelayanan dari teller, nasabah sering menilai kualitas sistem operasi suatu bank berdasarkan lamanya waktu menunggu atau kecepatan teller dalam memberikan pelayanan kepada para nasabahnya.
Permasalahan yang sering terjadi di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah Batu yaitu terdapat antrian yang panjang pada layanan weekend banking, dimana nasabah sebaiknya mendapatkan pelayanan teller yang cepat agar meningkatkan kualitas pelayanan bank di mata nasabah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model antrian yang digunakan saat ini di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah Batu dan untuk mengetahui apakah perlu menambahkan jumlah teller untuk mengurangi waktu tunggu di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang merupakan teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung objek yang diteliti menggunakan panca indera, tidak hanya dengan mata untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil perhitungan didapat kesimpulan jumlah teller yang optimum untuk pelayanan weekend banking pada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk KCP Buah Batu pada hari sabtu adalah 5 teller pada jam 09.00-10.00, 6 teller pada jam 10.00-11.00 ; 11.00-12.00 ; 13.00-14.00 ; 14.00-15.00 ; 4 teller untuk jam 12.00-13.00, dan 9 teller untuk jam 15.00-16.00. Sedangkan untuk pelayanan hari minggu 6 teller pada jam 09.00-10.00 dan 11.00-12.00, 5 teller untuk jam 10.00-11.00, 8 teller untuk jam 12.00-13.00, sedangkan 7 teller untuk jam 13.00-14.00 dan 14.00-15.00 dan 9 teller untuk jam 15.00-16.00.
</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/1/1352332_Abstract_TOC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/2/1352332_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/3/1352332_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/4/1352332_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/5/1352332_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/6/1352332_Conclusion.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/7/1352332_Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/23483/8/1352332_References.pdf</identifier><identifier> Apriyatni, Putri (1352332) (2017) "Analisis Model Antrian untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah baru ". Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha. </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/23483/</relation><recordID>23483</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Apriyatni, Putri (1352332) |
title |
"Analisis Model Antrian untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah baru
" |
publishDate |
2017 |
topic |
H Social Sciences (General) |
url |
http://repository.maranatha.edu/23483/1/1352332_Abstract_TOC.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/2/1352332_Chapter1.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/3/1352332_Chapter2.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/4/1352332_Chapter3.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/5/1352332_Chapter4.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/6/1352332_Conclusion.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/7/1352332_Cover.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/8/1352332_References.pdf http://repository.maranatha.edu/23483/ |
contents |
Aktivitas operasi pada suatu bank meliputi seluruh transaksi yang terjadi di bank tersebut seperti, pembukaan rekening, penyetoran, dan penarikan tabungan, transaksi giro, penarikan cek dan wesel, transfer dana, dan sebagainya. Setiap nasabah yang melakukan transaksi atau kegiatan yang berhubungan dengan uang tunai akan dilayani oleh teller. Fenomena umum yang sering terjadi di sini adalah nasabah harus antri dan menunggu sebelum mendapatkan pelayanan. Dalam upaya mendapatkan pelayanan dari teller, nasabah sering menilai kualitas sistem operasi suatu bank berdasarkan lamanya waktu menunggu atau kecepatan teller dalam memberikan pelayanan kepada para nasabahnya.
Permasalahan yang sering terjadi di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah Batu yaitu terdapat antrian yang panjang pada layanan weekend banking, dimana nasabah sebaiknya mendapatkan pelayanan teller yang cepat agar meningkatkan kualitas pelayanan bank di mata nasabah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model antrian yang digunakan saat ini di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah Batu dan untuk mengetahui apakah perlu menambahkan jumlah teller untuk mengurangi waktu tunggu di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Buah Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, untuk menganalisis data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang merupakan teknik pengumpulan data dengan mengamati secara langsung objek yang diteliti menggunakan panca indera, tidak hanya dengan mata untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian.
Berdasarkan hasil perhitungan didapat kesimpulan jumlah teller yang optimum untuk pelayanan weekend banking pada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk KCP Buah Batu pada hari sabtu adalah 5 teller pada jam 09.00-10.00, 6 teller pada jam 10.00-11.00 ; 11.00-12.00 ; 13.00-14.00 ; 14.00-15.00 ; 4 teller untuk jam 12.00-13.00, dan 9 teller untuk jam 15.00-16.00. Sedangkan untuk pelayanan hari minggu 6 teller pada jam 09.00-10.00 dan 11.00-12.00, 5 teller untuk jam 10.00-11.00, 8 teller untuk jam 12.00-13.00, sedangkan 7 teller untuk jam 13.00-14.00 dan 14.00-15.00 dan 9 teller untuk jam 15.00-16.00.
|
id |
IOS3452.23483 |
institution |
Universitas Kristen Maranatha |
institution_id |
45 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha |
library_id |
530 |
collection |
Maranatha Repository System |
repository_id |
3452 |
subject_area |
Ekonomi Kesehatan dan Kedokteran Program Komputer dan Teknologi Informasi |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3452 |
first_indexed |
2017-10-20T00:09:52Z |
last_indexed |
2017-10-20T00:09:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764511564027658240 |
score |
17.538404 |