Pengaruh Brand Trust dan Customer Satifaction Terhadap Brand Loyalty (Studi pada Pelanggan Smartphone Samsung)
Daftar Isi:
- Loyalitas merek merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam menjual produk. Konsumen yang loyal akan melakukan pembelian secara berkelanjutan dan bercerita hal positif mengenai pengalaman menyenangkan yang telah dirasakan kepada orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu untuk membangun kepercayaan merek dan kepuasan konsumen. Berkembangnya teknologi telekomusikasi dan dunia gadget menyebabkan berkembangnya banyak perusahaan yang membuat smartphone, sehingga terjadi persaingan. Untuk dapat bersaing perusahaan harus membangun loyalitas merek, dengan cara menanam kepercayaan merek di benak konsumen dan memberi kepuasan kepada konsumen. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 179 responden pelanggan smartphone Samsung, hasilnya terdapat pengaruh brand trust dan customer satisfaction terhadap brand loyalty secara parsial maupun simultan, dengan pengaruh parsial sebesar 0.410 untuk brand loyalty, 0.271 untuk customer satisfaction dan 0.437 secara simultan.