Studi Deskriptif Mengenai Psychological Well-Being pada Ibu yang Memiliki Anak Retardasi Mental di Lingkungan Sekolah Luar Biasa "X" Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai Psychological Well-Being pada ibu yang memiliki anak retardasi mental di lingkungan Sekolah Luar Biasa “X” Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang. Alat ukur yang digunakan merupakan Scale of Psychological Well-Being dari Carol Ryff (1989) yang terdiri atas 54 item. Untuk mengukur validitas menggunakan content validity yang diuji menggunakkan panel expert. Reliabilitas alat ukur diukur menggunakan alpha cronbach dan diperoleh reliabilitas yaitu 0.980. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh ibu yang memiliki anak retardasi mental di lingkungan Sekolah Luar Biasa “X” Kota Bandung sebanyak 73.7% menunjukkan derajat Psychological Well-Being yang tinggi. Disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh trait pada PWB ibu yang memiliki anak retardasi mental di lingkungan sekolah luar biasa yang berbeda. Hasil penelitian ini dapat digunakan para ibu yang memiliki anak retardasi mental untuk dapat berbagi pengalaman dan menjadi sumber dukungan bagi ibu lain yang memiliki anak retardasi mental untuk dapat meningkatkan PWB nya.