Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan selective attention yang dimiliki anak usia 8-9 tahun setelah diberi pelatihan warna, angka, dan huruf. Subjek dalam penelitan ini berjumlah enam orang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimenal. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik untuk membuat perbandingan antara pre test dan post test. Alat ukur yang digunakan Stroop Color Test dari Ginting (2013). Teori yang digunakan adalah teori selective attention dari Flick (1998) dan teori belajar dari Valett (1969). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang siginifikan kemampuan selective attention setelah diberi intervensi permainan warna, angka, dan huruf. Saran teoritis untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan modifikasi modul dengan mengatur jumlah rangsang non target, waktu kemunculan target sesuai level yang bergradasi dari mudah ke sulit, menambah variasi jenis rangsang, menggunakan desain penelitian time series atau control group design. Saran guna laksana untuk subjek adalah menerapkan hal-hal yang diperoleh selama pelatihan di berbagai aktivitas, untuk pihak Sekolah Dasar “X” khususnya guru kelas memberikan dukungan, monitoring, dan memberikan tugas-tugas sederhana yang dapat membantu anak untuk mengerjakan tugas dalam waktu yang singakt dan hasil yang benar.