Program Pelatihan Underwear Rules untuk Meningkatkan Assertiveness Menghadapi Pelecehan Seksual pada Siswi Mild Intellectual Disability di Sekolah "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk melihat peningkatan assertiveness menghadapi pelecehan seksual pada siswi mild intellectual disability di Sekolah “X” Bandung dengan program pelatihan underwear rules. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 siswi. Alat ukur yang digunakan adalah yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori Lazarus (1973). Validitas Alat ukur menggunakan content validity. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan assertiveness dimensi kognitif dan dimensi behavior setelah mengikuti seluruh Program Underwear Rules dan setelah 2 minggu mengikuti Program Underwear Rules. Saran teoritis untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan pengembangan modul untuk melatih ekspresi wajah yang tepat agar dapat lebih asertif, memperbaiki beberapa gambar dalam video dan lagu agar siswi dapat lebih nyaman dan menambah waktu pada sesi ke II. Saran guna laksana untuk sekolah adalah melakukan pengulangan secara berkala selama 3 bulan sekali dan untuk sekolah, orang tua dan para pendidik dapat menggunakan modul ini untuk menjadi acuan mengajarkan siswi lainnya dalam mencegah pelecehan seksual.