Daftar Isi:
  • Perusahaan bisa menempatkan semua upaya untuk menarik pelanggan sebanyak yang mereka dapat sehingga mereka dapat menjual produk mereka dan pada akhirnya mendapatkan keuntungan. Perusahaan bisa menggunakan beberapa alat pemasaran dalam rangka mendapat keuntungan tersebut. Suasana toko atau store atmosphere dapat menjadi salah satu alat pemasaran. Suasana toko adalah komponen dari citra toko yang secara fisik dapat merangsang indera manusia yang memengaruhi keadaan emosi pembeli yang menyebabkan atau memengaruhi pembelian. Selain suasana toko, kemasan produk juga merupakan faktor yang membantu konsumen untuk memilih dan membeli suatu produk dibandingkan dengan produk lainnya. Kemasan yang baik memertimbangkan dan dapat menampilkan beberapa faktor, antara lain: (1) faktor pengamanan, (2) faktor estetika, (3) faktor identitas, (4) faktor komunikasi, (5) faktor promosi, (6) faktor ergonomic. Faktor-faktor ini merupakan satu kesatuan yang sangat vital dan saling mendukung dalam keberhasilan penjualan. Salah satu komponen penting dalam membeli produk selain faktor suasana toko dan faktor kemasan produk adalah komponen minat beli konsumen. Minat beli merupakan suatu keinginan untuk membeli suatu produk atau jasa akibat pengaruh baik eksternal maupun internal. Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mulai modern dituntut untuk bertindak lebih cepat dan dinamis, membuat masyarakat sekarang mulai menyukai segala sesuatu hal yang instant, tak terkecuali pada pola hidup masyarakat dalam memilih makanan. Salah satu ritel yang akan diteliti adalah Starbucks. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menguji dan menganalisis apakah susasana toko berpengaruh terhadap minat beli konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung, (2) untuk menguji dan menganalisis apakah kemasan produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung, (3) untuk menguji dan menganalisis apakah suasana toko dan kemasan produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung secara serempak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Causal Explanatory. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik survei dengan metode kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden dengan kriteria responden yaitu konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung. Penelitian ini menggunakan metoda sampling purposive sampling dan metoda analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh suasana toko terhadap minat beli konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung, terdapat pengaruh kemasan produk terhadap minat beli konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung, terdapat pengaruh antara suasana toko dan kemasan produk terhadap minat beli konsumen Starbucks Paris Van Java Bandung secara serempak.