Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop ACER (Studi pada Pemakai Laptop Acer di Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh elemen ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen, secara parsial dan simultan. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan secara langsung dengan cara penyebaran kuesioner kepada 150 responden mahasiswa pengguna laptop Acer di Universitas Kristen Maranatha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS. Pada tahap analisis data juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan persepsi kualitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan, elemen ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian Laptop Acer sebesar 25,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.