Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komponen komitmen organisasi yang dominan. Judul dari penelitian ini adalah “Studi Deskriptif Mengenai Komitmen Organisasi Multilevel Marketing Pada Top Leader cabang PT.”X” di Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Pengambilan data dilakukan kepada 150 orang responden. Penelitian ini menggunakan teori komitmen organisasi dari Meyer & Allen (1997). Komitmen organisasi terdiri dari komponen affective, continuance, dan normative. Alat ukur yang digunakan adalah modifikasi dari alat ukur Organizational Commitment Questionaire (OCQ) yang dikonstruksi oleh Meyer & Allen (1997). Uji validitas dilakukan dengan korelasi Rank Spearman, dengan 59 item diterima dengan range 0,311 hingga 0,811. Uji reliabilitas alat ukur diuji dengan Alpha Cronbach, reliabilitas untuk komponen affective 0,722 tergolong tinggi, komponen continuance 0,842 tergolong tinggi, dan komponen normative 0,754 tergolong tinggi. Hasil pengolahan data menunjukan (62,7%) responden memiliki continuance commitment yang paling dominan. Dominansi yang ke dua affective commitment (22,0%) dan dominansi komponen yang ketiga adalah komponen normative commitment (15,3%). Peneliti mengajukan saran pada cabang PT.”X” di Bandung agar mempertahankan hubungan baik yang sudah terjalin dengan sesama anggota, untuk mengembangkan affective commitment terhadap perusahaan. Disarankan kepada peneliti untuk meneliti faktor-faktor pendukung apakah yang paling berperan dalam mendorong berkembangnnya komitmen pada perusahaan.