Usulan Perbaikan Strategi Bauran Pemasaran Surabi berdasarkan Importance Performance Analysis dan Correspondence Analysis (Studi Kasus: Surabi Rumah Imoet, Bandung)

Main Authors: Suryadi, Arif, Nainggolan, Guntar Harri Dickson
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/23274/1/BKSTI%202014.pdf
http://repository.maranatha.edu/23274/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan pada tahun 2013 di Rumah Imoet, yaitu sebuah tempat makan yang menjual surabi. Rumah Imoet terletak di Jl. Setiabudhi No.194, Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan usulan perbaikan strategi bauran pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan produk surabi di Rumah Imoet. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner. Kuesioner dikembangkan dari variabel Bauran Pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence) untuk melihat tingkat kepentingan, tingkat kinerja dan peringkat perbandingan keunggulan dua tempat makan (Rumah Imoet dan pesaingnya). Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan uji hipotesis ketidakpuasan konsumen, Correspondence Analysis dan Importance Performance Analysis. Hasil pengolahan data menunjukan 83% dari atribut yang ditanyakan kepada konsumen dimana konsumen tidak puas dan terdapat 62% dari atribut dimana kinerja Rumah Imoet masih kurang apabila dibandingkan dengan pesaingnya. Usulan perbaikan strategi bauran pemasaran diperoleh dengan melihat hasil dari Correspondence Analysis, uji hipotesis ketidakpuasan konsumen, dan Importance Performance Analysis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 6 atribut yang harus segera diperbaiki oleh Rumah Imoet, yaitu: atribut kecepatan penyajian, pemberian diskon, kecakapan pegawai, kerapian seragam, pemisahan non-smoking area, dan ukuran surabi.