Studi Deskriptif Mengenai Bentuk Parasocial Relationship Pada Perempuan Penggemar Girlgroup K-Pop Yang Berdomisili Di Indonesia
Daftar Isi:
- Masuknya drama dan lagu Korea ke Indonesia menyebabkan individu membangun sebuah hubungan ilusi keintiman antara individu dengan figur media yang disebut dengan parasocial relationship. Ada dua bentuk dari parasocial relationship, yaitu parasocial friendship dan parasocial love. Penelitian ini menggunakan teori Parasocial Relationship (Tukachinsky, 2010) untuk mengetahui bentuk parasocial relationship pada perempuan penggemar girlgroup K-Pop yang berdomisili di Indonesia. Penelitian ini menjaring data dari 3203 orang responden berjenis kelamin perempuan yang berdomisili di Indonesia yang dipilih berdasarkan teknik accidental sampling. Setiap partisipan mengisi kuesioner yang merupakan modifikasi dari Multiple Parasocial Relationship Scale (M-PSR Scale). Berdasarkan skor M-PSR Scale tersebut diperoleh skor untuk masing-masing bentuk parasocial friendship dan parasocial love. Skor M-PSR Scale tersebut menghasilkan empat bentuk profil parasocial relationship. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik, sebanyak 39,3% responden memiliki profil parasocial friendship dan love yang rendah. Sebanyak 34,1% responden memiliki profil parasocial relationship dan love yang tinggi, serta sisanya memiliki profil parasocial friendship tinggi dan parasocial love rendah (15,1%) dan profil parasocial friendship rendah dan parasocial love tinggi (11,5%). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagian besar responden memiliki profil parasocial friendship dan love rendah. Peneliti mengajukan saran agar peneliti lain meneliti mengenai faktor yang berkaitan dengan perkembangan parasocial relationship. Selain itu, saran kepada orangtua, pendidik, dan anggota masyarakat untuk mengawasi dan memberikan pengarahan ketika responden melakukan pengidolaan terhadap girlgroup K-Pop.