Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran derajat tinggi atau rendahnya grit pada Siswa Kelas IX dengan Kurikulum 2013 di SMPN “X” Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Duckworth (2016) untuk mengetahui gambaran derajat grit pada Siswa Kelas IX dengan Kurikulum 2013 di SMPN “X” Bandung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas IX dengan Kurikulum 2013 di SMPN “X” Bandung yang ingin masuk ke SMA kluster 1 yaitu berjumlah 181 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner hasil modifikasi dari Dr. Irene P. Edwina, M.Si, Psikolog dan Ni Luh Ayu Vivekananda, M.Psi, Psikolog (2016) yang terdiri dari 18 item. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskriptif dengan program SPSS 20. Reliabilitas yang digunakan adalah Alpha Cronbach, dengan hasil pengolahan data didapatkan nilai sebesar 0,784. Validitas dari alat ukur grit yaitu berkisar antara 0,387-0,720. Dari hasil pengolahan data statistik didapatkan bahwa sebagian besar siswa kelas IX SMPN “X” Bandung yaitu 55,2% memiliki derajat grit yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100 responden siswa kelas IX SMPN “X” Bandung memiliki derajat grit yang tinggi. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat melakukan penelitian mengenai grit pada kelompok siswa dengan level pendidikan lain (SMA) dan jenis sekolah lainnya seperti sekolah swasta agar mendapatkan gambaran yang menyeluruh mengenai derajat grit.