Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dan material yang pesat pada bidang Teknik Sipil menyebabkan munculnya inovasi material pengganti atau alternatif seperti batu kapur (limestone). Crushed limestone merupakan batuan yang memiliki ukuran butir pasir yang biasa digunakan sebagai material perkerasan jalan. Kekuatan konstruksi jalan dipengaruhi oleh lapisan fondasi (subgrade) dan ketahanan terhadap gaya yang bekerja. Untuk memodelkan besar dan repetisi beban pada lapisan subgrade konstruksi jalan, dilakukan uji kompaksi dengan 3 siklus, kemudian dilakukan pengujian geser langsung (direct shear) pada setiap sampel yang sudah mengalami siklus kompaksi untuk mengetahui besarnya kuat geser material tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh siklus kompaksi terhadap nilai sudut geser dalam ( φ). Material uji yang digunakan adalah crushed limestone 2mm dengan jenis gradasi buruk (poorly graded) berasal dari kawasan karst Citatah Rajamandala, Padalarang. Uji direct shear laboratorium yang dilakukan menggunakan metode under consolidated drained condition dan mengacu pada standar uji ASTM D3080. Dari hasil penelitian diperoleh nilai sudut geser dalam ( φ) pada siklus 1 sebesar 54,1°, siklus 2 sebesar 56,08°, dan siklus 3 sebesar 57,48°. Siklus kompaksi hanya merubah nilai sudut geser dalam ( φ) pada siklus 2 sebesar 3,66%, dan pada siklus 3 sebesar 6,25%, masing-masing dibandingkan terhadap siklus 1.