Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Rasio Keuangan terhadap Market Value Added (MVA)

Main Authors: Kurnia, Tanto, Tandiontong, Mathius
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/22808/1/pengaruh%20Corporate%20Social.pdf
http://repository.maranatha.edu/22808/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas pengaruh kegiatan perusahaan dalam tanggung jawab lingkungan dan sosial serta rasio keuangan terhadap nilai perusahaan. Manajer perusahaan dalam kegiatannya, bisa saja hanya berfokus untuk menyenangkan hati para investornya, dan melupakan tanggung jawabnya pada pemangku kepentingan lainnya. Pengaruh rasio keuangan perusahaan terhadap nilai perusahaan merupakan gambaran tanggung jawab manajer terhadap para investor. Sedangkan pengaruh kegiatan tanggung jawab perusahaan pada lingkungan dan sosial merupakan gambaran tanggung jawab manajer terhadap para pemangku kepentingan. Manajer perusahaan yang bertanggung jawab pada keberlanjutan perusahaan akan memperhatikan tidak hanya investor tetapi keseluruhan pemangku kepentingan secara bersama-sama dalam upaya mengurangi masalah agensi. Penelitian ini difokuskan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2006–2013. Adanya perpaduan antara data jenis runtut waktu dan beda ruang, membuat data sampel penelitian ini masuk dalam kategori data panel. Sejumlah uji statistik dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan antara kegiatan tanggung jawab lingkungan dan sosial perusahaan serta rasio keuangan terhadap nilai perusahaan yang dikuantitatifkan melalui MVA. Kegiatan tanggung jawab lingkungan dan sosial perusahaan ditunjukan dengan sejumlah sertifikat yang dimiliki perusahaan, seperti: ISO9000, ISO14000, OHSAS18000 dan kegiatan pemberian insentif saham pada karyawan perusahaan (ESOP). Rasio keuangan yang dipergunakan untuk menggambarkan kinerja manajer adalah: current ratio, debt-to-equity ratio, total asset turnover, return on sales, dan price-earning ratio.