Daftar Isi:
  • Nongkrong di kafe dan tempat seperti restoran siap saji setelah pulang sekolah, kuliah, atau pulang dari tempat kerja merupakan tren gaya hidup baru bagi remaja dan eksekutif di masa sekarang. Tempat nongkrong seperti itu sesuai dengan gaya hidup orang di kota besar, hal ini menjadi masalah karena terbentuknya kebiasaan baru di kalangan remaja, yaitu konsumerisme atau pemborosan uang. Walaupun yang dibeli tidak terlalu mahal, tetapi jika terus-menerus akan mengakibatkan masalah keuangan. Maka dari itu, tujuan dari perancangan ini adalah untuk membuat 0Tsebuah board game yang dapat dimainkan oleh anak remaja supaya mereka bisa membangun pengetahuan tentang dampak pengeluaran uang tanpa pengaturan, dan belajar bagaimana mengatur penggunaan uang. Metode yang digunakan ialah dengan membuat board game dilengkapi dengan gimmick sebagai media utamanya serta didukung dengan media promosi poster, iklan majalah dan iklan sosial media. Melalui perancangan board game tentang hemat dan bijak dalam penggunaan uang ini, anak remaja dapat belajar mengatur penggunaan uangnya sehingga tidak dengan mudah mengeluarkan uang.