Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran psychological well-being pada guru sekolah dasar inklusi “x” di Kota Bandung, dilihat dari gambaran keenam dimensi psychological well-being. Penelitian ini menggunakan teori psychological well-being dari Carol D.Ryff (1989). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu populasi berjumlah 24 orang guru sekolah dasar inklusi “x” di Kota Bandung. Alat ukur yang digunakan merupakan terjemahan dari Scale of Psychological WellBeing dari Carol D. Ryff yang terdiri atas 84 item. Peneliti menggunakan expert judgement sebagai validasi. Reliabilitas alat ukur diukur dengan perhitungan statistik menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh reliabilitas yaitu 0.849 yang tergolong tinggi. Kesimpulan yang diperoleh yaitu guru sekolah dasar inklusi “x” di Kota Bandung menunjukan psychological well-being yang merata antara psychological well-being yang tinggi dan rendah. Adapun faktor gender, penghasilan dan status kepegawaian memiliki keterkaitan dengan psychological well-being. Peneliti mengajukan saran agar pihak sekolah menyusun program seperti konseling dan psikoedukasi agar dapat meningkatkan PWB guru.