Daftar Isi:
  • Pada jaman modern sekarang ini semua dituntut serba cepat. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya jumlah populasi penduduk di dunia, perkembangan teknologi dan pembangunan yang ada di segala bidang juga berlangsung dengan cepat. Dalam setiap aktivitas, tidak jarang ditemukan masalah garis tunggu atau lebih kita kenal dengan masalah antrian. Antrian timbul disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan pelayanan atau fasilitas pelayanan. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak Bank BCA untuk menentukan jumlah teller yang optimum di setiap jam agar dapat mengurangi waktu tunggu nasabah dalam antrian. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sistem antrian jalur berganda karena terdapat lebih dari satu teller yang memberikan satu kali pelayanan bagi nasabah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kinerja sistem antrian yang ada sekarang belum optimum karena masih ditemui hasil error pada perhitungan Po menggunakan empat orang teller. Hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan metode antrian, menunjukan jumlah teller yang optimum berbeda setiap jamnya, enam teller pada jam 08.00-09.00 dan tujuh teller pada jam 09.00-10.00, 10.00-11.00, 11.00-12.00. Dengan menggunakan jumlah teller tersebut, maka diharapkan waktu tunggu nasabah dapat dikurangi