Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan orientasi masa depan bidang pendidikan pada 40 siswa SMP anggota komunitas DARE for Youth di Bandung, yang selanjutnya disebut responden. Kuesioner dukungan sosial teman sebaya disusun oleh Novella (2010) yang telah dimodifikasi berdasarkan teori Dukungan Sosial (House, 1981 dalam Vaux, 1988), dengan nilai validitas berkisar antara 0,343-0,758 dan reliabilitas 0,794. Kuesioner orientasi masa depan bidang pendidikan disusun oleh Cindy Maria (2008) yang telah dimodifikasi sesuai teori Orientasi Masa Depan (Nurmi, 1989), dengan nilai validitas berkisar antara 0,342-0,616, dan reliabilitas 0.694. Hasil penelitian ini diolah menggunakan uji korelasi Rank Spearman, dengan kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan (0,422) antara dukungan sosial teman sebaya dan orientasi masa depan bidang pendidikan pada responden. Jenis dukungan sosial teman sebaya yang memiliki hubungan paling kuat adalah dukungan emosional (0,488). Peneliti menyarankan untuk meneliti semua faktor yang mempengaruhi orientasi masa depan, dan meneliti kontribusi dukungan orang tua/siblings terhadap orientasi masa depan bidang pendidikan. Peneliti juga menganjurkan kepada komunitas DARE for Youth untuk memberikan informasi kepada orang tua mengenai pengaruh positif yang didapat dari dukungan sosial teman sebaya melalui seminar orang tua.