Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui derajat Academic Adjustment pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran “X” Bandung. Academic Adjustment adalah kemampuan atau proses dimana tuntutan dan persyaratan akademis dipenuhi secara adekuat, berguna dan memuaskan (Schneiders, 1964). Pemilihan sampel menggunakan accidental sampling. Sampel penelitian ini berjumlah enam puluh enam orang Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang merupakan modifikasi dari alat ukur berdasarkan teori yang mengacu pada teori Academic Adjustment dari Schneiders yang meliputi 6 aspek Academic Adjustment. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas menggunakan Rank Spearman dan Split Half, pada kuesioner dari keseluruhan 34 item diterima 29 item dengan validitas antara 0,308 – 0,715 dengan reliabilitas sebesar 0,821. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa di Fakultas Kedokteran “X” Bandung memiliki derajat Academic Adjustment yang well adjusted baik secara keseluruhan maupun di setiap aspeknya. Peneliti mengajukan saran kepada peneliti lain yang tertarik untuk meneliti mengenai Academic Adjustment untuk melihat seberapa besar kontribusi aspek-aspek Academic Adjustment terhadap Academic Adjustment terutama pada aspek adequate effort dan intellectual development, melihat hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi Academic Adjustment terutama pada faktor kondisi fisik dan kondisi lingkungan, dan melihat lebih lanjut hubungan antara jenis kelamin dengan Academic Adjustment, serta pengaruh IPK terhadap keberhasilan A