Hubungan antara Brand Image dan Keputusan Membeli Produk Minuman "X" pada Mahasiswa Universitas "Y" Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara brand image dan keputusan membeli produk minuman ‘X’ pada mahasiswa universitas ‘Y’ kota Bandung. Brand image disebutkan Philip Kotler (2000:180), “The set of beliefs held about a particular brand is known as the brand image” (kumpulan keyakinan atas suatu merek yang membentuk brand image). Terdapat empat aspek dalam membentuk brand image antara lain produk, harga, promosi dan tempat. Keputusan membeli merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan membeli dimana konsumen benar-benar membeli produk. Terdapat dua faktor yang memengaruhi keputusan membeli yaitu sikap dari orang lain dan situasi yang tidak diduga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori brand image dan keputusan membeli dari Kotler (2003) dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Rank Spearman dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan dibandingkan sesuai dengan kriteria Guildford. Diperoleh 58 item yang valid dengan koefisien korelasi sebesar 0,414. Dari temuan diatas, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara brand image dengan keputusan membeli produk minuman ‘X’. Peneliti mengajukan saran agar lebih memperhatikan aspek price dan aspek promotion dari produk minuman ‘X’ agar dapat menarik perhatian konsumen.