Usulan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Omzet di Cikopi Café (Studi Kasus Cikopi Café Jl. Batununggal Indah Raya No 41 Komplek Batununggal, Bandung
Daftar Isi:
- Cikopi Cafe merupakan sebuah cafe yang didirikan oleh Ibu Yanny Uun pada bulan Agustus 2015 yang berlokasi di Batununggal, Bandung. Pada awal mula café ini berdiri, omzet pendapatan yang diperoleh meningkat setiap bulannya, sampai bulan Desember 2015. akan tetapi terjadi permasalahan yaitu omzet yang diperoleh pada bulan Januari 2016 hingga November 2016 tidak pernah mencapai target yang sudah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan Segmentation, Targeting dan Positioning untuk Cikopi Cafe, untuk mengetahui faktor – faktor yang dipertimbangkan dalam mengunjungi café, Mengetahui faktor-faktor yang dianggap penting oleh konsumen, untuk mengetahui faktor-faktor ketidakpuasan konsumen, untuk mengetahui perbaikan kinerja di Cikopi Café, mengusulkan strategi pemasaran kepada Cikopi Café. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner pendahuluan dan kuesioner penelitian. Kuesioner pendahuluan berisi mengenai pesaing dan faktor-faktor yang dianggap penting oleh responden pada saat berkunjung ke café. Kemudian dapat diketahui pesaing utama dari Cikopi Café adalah 13 Cups Café dan atribut apa saja yang dipentingkan konsumen. Kuesioner penelitian terdiri dari 3 bagian. Data yang diperoleh pada bagian 1 diolah dengan menggunakan metode persentase, untuk bagian 2 diolah dengan menggunakan metode IPA, selain itu 2 bagian tersebut juga digunakan untuk metode Uji Hipotesis, kemudian untuk pemberian peringkat Cikopi Cafe dengan 13 Cups Cafe menggunakan metode CA. Usulan yang dapat diberikan yaitu membuat promosi happy hour, memberikan porsi makanan yang tidak sedikit, menjaga kerapihan pelayan, menambah pelayan magang pada akhir pekan