Daftar Isi:
  • Kondisi ekonomi saat ini, di mana persaingan ekonomi semakin ketat dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau Pasar Bebas ASEAN membuat setiap perusahaan harus berpikir lebih keras bagaimana cara untuk tetap bertahan dan dapat mencapai laba optimum perusahaan. Analisis biaya, volume, laba adalah alat bantu yang sangat berguna bagi manajer untuk memahami hubungan antara biaya, volume, laba. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui besar volume penjualan di perusahaan Blessindo Cipta Mandiri pada titik impas, besar volume penjualan di perusahaan Blessindo Cipta Mandiri pada tingkat laba yang diinginkan, besar tingkat margin keamanan di perusahaan Blessindo Cipta Mandiri dan penerapan analisis biaya, volume, laba dalam perencanaan laba optimum di perusahaan Blessindo Cipta Mandiri. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan memakai analisis titik impas, analisis target laba, analisis margin keamanan, dan analisis kuadrat terkecil. Hasil penelitian menunjukkan analisis biaya, volume, laba sebaiknya diterapkan di perusahaan Blessindo Cipta Mandiri karena sangat membantu dalam perencanaan laba optimum.