Daftar Isi:
  • Maraknya barang tiruan yang masuk dari luar negeri ke Indonesia dengan harga yang murah membuat produk tersebut diminati di Indonesia. Produsen dalam negeri perlu meningkatkan kualitas produknya untuk dapat bersaing dan lebih unggul. Biaya kualitas merupakan salah satu alat manajemen untuk dapat membuat produk yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas (biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal) terhadap produk rusak pada Pabrik Sepatu Boas dari Januari 2014 sampai Juni 2016. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan alat bantu statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan biaya kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produk rusak pada Pabrik Sepatu Boas sebesar 86,7% dan sisanya sebesar 13.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial terdapat pengaruh antara biaya pencegahan terhadap produk rusak sebesar 83,17%, dan biaya penilaian terhadap produk rusak sebesar 51,70%, sedangkan biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal tidak berpengaruh terhadap produk rusak.