Studi Deskriptif Mengenai Schwartz's Values pada Siswa Suku Dayak Ngaju di SMAn "X" Palangka Raya
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui content, structure dan hierarchy Schwartz’s Values pada siswa SMAN “X” Palangka Raya yang berlatar belakang budaya Dayak Ngaju. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei deskriptif. Value yang diteliti terdiri dari sepuluh tipe, yaitu benevolence, conformity, tradition, self direction, stimulation, hedonism, achievement, power, security, dan universalism (Schwartz, 1984). Alatukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur Schwartz Values yaitu Portrait Value Quetionnaire (PVQ), yang diterjemahkan dan dimodifikasi oleh Ni Luh Ayu Vivekananda, M.Psi., Psikolog. Populasi yang menjadi target dalam penelitian ini adalah remaja yang bersuku Dayak Ngaju di SMAN “X” Palangka Raya. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan ukuran sampel sebanyak 222 responden. Kesepuluh Schwartz’s Value dapat teridentifikasi namun ternyata hanya dapat dikelompokkan ke dalam tujuh region, yaitu universalism value, power value, hedonism value, self direction value, achievement value, conformity value, dan tradition value. Selain itu, didapat adanya Schwartz’s Value dari posisi teratas sampai posisi terbawah secara berurutan adalah conformity, security, tradition, benevolance, universalism, achievement, self direction, hedonism, stimulation, power. Kepada SMA N “X” dapat mempertimbangkan kegiatan-kegiatan yang dapat mempertahankan values budaya Dayak Ngaju yang telah ada, dan mempertimbangkan untuk membuat kegiatan ekstrakulikuler atau menyediakan sanggar seperti sanggar tari daerah atau mengajari beberapa kesenian Dayak Ngaju seperti Karungut.