Studi Deskriptif Mengenai Goal Orientation pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2013 yang Mengikuti Perkuliahan Kurikulum KKNI di Universitas "X"
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai goal orientation mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2013 dalam mengikuti perkuliahan Kurikulum Berbasis KKNI di Universitas “X” Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan target populasi menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sebanyak 111 orang. Alat ukur goal orientation yang digunakan adalah Achievement Goal Questionnaire – Revised (AGQ-R) oleh Elliot (2008) yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji validitas dengan menggunakan construct validity dan uji reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach, diperoleh validitas alat ukur kepuasan kerja berkisar 0,350-0,676 dengan reliabilitas berkisar 0,568 – 0,681. Pengolahan data yang diperoleh menggunakan distribusi frekuensi dengan program SPSS 19. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik, maka didapatkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang terarah pada satu goal paling dominan, yaitu 73 mahasiswa (63,8%) mengarah kepada mastery approach goal dan tidak terlihat kecendrungan keterkaitan terhadap faktor personal. Sedangkan faktor kontekstual kelas yang terlihat kecendrungan keterkaitan terhadap goal orientation adalah desain tugas, pembagian kewenangan, pengaturan pengelompokkan pelaksanaan evaluasi dan pengalokasian waktu. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan antara goal orientation dengan faktor kontekstual kelas, yaitu desain tugas, pembagian kewenangan, pengakuan terhadap mahasiswa, pengaturan pengelompokan, pelaksanaan evaluasi, dan pengalokasian waktu. Selain itu juga dapat dilakukan penelitian secara spesifik mengenai goal orientation pada mata kuliah tertentu dalam Kurikulum Berbasis KKNI.