Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Parent Involvement terhadap school engagement pada siswa-siswi kelas IV-VI SD “X” Bandung. Sampel penelitian berjumlah 290 orang dengan populasi yang berasal dari kelas IV-VI. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian kontribusi. Alat ukur yang digunakan berasal dari teori parent involvement oleh Grolnick & Slowiaczek (1994) dan terdiri dari 21 item, juga teori school engagement oleh Fredricks, Blumenfeld, dan Paris (2004) dan terdiri dari 28 item. Data yang diperoleh adalah dengan menggunakan uji statistik regresi linear berganda program SPSS v20 for windows. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, maka terdapat pengaruh parent involvement terhadap school engagement (R2 = 0,239, F = 29,884, p = 0,000). School involvement dan personal involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral engangement, emotional engagement, dan cognitive engagement. Sedangkan cognitive involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap cognitive engagement. Saran dari peneliti adalah agar kepala sekolah, guru, dan orang tua terus meningkatkan keterlibatan orang tua terhadap pendidikan siswa, baik dalam school involvement, personal involvement, dan emotional engagement. Sedangkan saran untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti mengenai pengaruh parent involvement terhadap school engagement pada sampel yang lebih luas.