Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ParentI nvolvement terhadap School Engagement pada siswa SMP “X” Kota Bandung. Sampel penelitian berjumlah 162 siswa kelas VII. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian kontribusi. Alat ukur yang digunakan berasal dari teori Parent Involvement oleh Grolnick & Slowiaczek (1994) dan terdiri atas 22 item, juga teori School Engagement oleh Fredricks et al (2004) dan terdiri dari 28 item. Data yang diperoleh adalah dengan menggunakan uji statistic regresi linear berganda dengan program SPSS 19 for windows. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, maka didapat pengaruh parent involvement terhadap school engagement sebesar 0,188. Tipe personal involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral (0,237) dan emotional engagement (0,195). Tipe cognitive involvement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap emotional engagement (0,261) dan cognitive engagement (0,351). Saran dari peneliti adalah kepala sekolah dan para orang tua terus meningkatkan keterlibatan orang tua terhadap pendidikan siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti pengaruh dimensi lain dari parenting dan pemenuhan need terhadap school engagement.