Studi Deskriptif Mengenai School Engagement pada Siswa SMPN "X" di Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Studi Desktiptif Mengenai School Engagement pada Siswa SMPN “X” di kota Bandung”. Tujuannya adalah mengetahui gambaran school engagement pada siswa SMPN “X” di kota Bandung. Rancangan penelitian ini yang digunakan adalah motode deskriptif dengan jumlah responden 906 orang. Alat ukur yang digunakan disusun oleh Ida Ayu dan tim peneliti berdasarkan teori School engagement dari Fredricks, Blumenfeld & Paris (2004). Berdasarkan uji validitas dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment diperoleh validitas pada setiap komponen school engegagement yaitu behavioral engagement berkisar antara 0,386-0,651, emotional engagement berkisar 0,328-0,690, cognitive engagement berkisar antara 0,351-0,669 dan realibilitas menggunakan Alfa Cronbach dengan realibilitas setiap komponen. Behavioral engagement 0,835, emotional engagement , dan cognitive engagement 0,895 yang berarti alat ukur yang digunakan realiabel. Data hasil penelitian diolah dengan menghitung distribusi frrekuensi berdasarkan perhitungan mean. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP N “X” di kota Bandung memiliki School engagement yang relatif seimbang antara yang rendah dan yang tinggi. Sebanyak 49,0% siswa memiliki School engagement yang rendah dan sebanyak 51,0% siswa memiliki School engagement yang tinggi. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian mengenai hubungan faktor-faktor yang berpengaruh dengan komponen school engagement. Bagi kepala sekolah dapat dijadikan saran agar sekolah dapat menciptakan iklim sekolah yang lebih kondusif sehingga mendorong siswa untuk lebih terlibat dalam kegiatan sekolah.