Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai school engagement pada siswa kelas 4-6 SD “X” di Kota Bandung. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner 27 item yang disusun oleh Savitri (2016). Validasi kuesioner menggunakan Pearson Product Moment dengan range nilai 0,348-0,744. Reliabilitas kuesioner menggunakan Alfa Cronbach dengan nilai 0,861 yang berarti reliabel tinggi. Data penelitian diolah dengan metoda mean norma kelompok. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hasil persentase school engagement hampir seimbang yaitu 50,2% engaged dan 49,8% disengaged. Faktor yang terkait yang dengan hasil school engagement adalah faktor karakteristik tugas dan faktor kebutuhan otonomi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan menguji kembali faktor yang berpengaruh. Untuk meningkatkan school engagement, sekolah dapat menggunakan metoda seperti project based learning, meningkatkan kualitas relasi siswa, serta memantau keadaan school engagement siswa secara berkala.