Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Academic Adjustment pada mahasiswa angkatan 2015 dengan kurikulum berbasis KKNI di Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Penarikan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel 174 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang dikonstrusikan oleh peneliti sendiri berdasarkan teori Academic Adjustment dari Schneider (1964). Kuesioner tersebut ada 48 item yang terdiri dari 24 item positif dan 24 item negatif berdasarkan aspek academic adjustment yaitu Succsesfull Performance, Adequate Effort, Acquisition of Worth while Knowledge, Intellectual Development, Achievement of Academic Goals and Statifaction of Need, Desires, and Interest. Setelah melakukan pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan Construct Validity maka diperoleh 47 item yang diterima dari 48 dengan validitas berkisar 0,308 sampai 0,691 dan koefisien reliabilitas 0,846. Hasil pengolahan data dari 174 mahasiswa angkatan 2015 dengan kurikulum berbasi KKNI di Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung. Sebagian besar memiliki Academic Adjustment yang adekuat yaitu sebanyak 166 (95,4%) mahasiwa dan 8 (4,6%) mahasiswa memiliki Academic Adjustment yang tidak adekuat.