Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tipe Goal Orientation dalam mata kuliah Pedoman Penyusunan Laporan Kepribadian (PPLK) pada mahasiswa Fakultas “Y” Universitas “X” Bandung. Sampel pada penelitian ini adalah 133 mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah PPLK. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner yang didesain oleh peneliti berdasarkan Teori Goal Orientaion (Ames, 1992b) yang terdiri dari 48 item, dengan skor validitas 0.342 – 0.795 dan hasil reliabilitas 0.703 – 0.877. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan distribusi frekuensi dengan bantuan program SPSS 15.0. Skor tipe goal orientation juga di tabulasi silang dengan faktor-faktor yang memengaruhi goal orientation. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tipe mastery avoidance orientation dengan 36.1% dan performance avoidance orientation dengan 33.1% paling banyak dimiliki responden. Kesimpulan yang diperoleh adalah goal orientation mahasiswa mata kuliah PPLK Fakultas “Y” Universitas “X” Bandung lebih cenderung bersifat avoidance. Saran praktis yang dapat diberikan adalah agar pihak Fakultas “Y” lebih mengkaji ulang situasi kelas dan tingkat kesulitan dari materi yang diberikan untuk mengarahkan mahasiswa kepada mastery goal orientation.