Daftar Isi:
  • Perusahaan jasa yang menyediakan jasa sebagai main-product yang dijual, membutuhkan kepercayaan dari masyarakat yang menjadi konsumennya. Salah satu jasa dalam bidang akuntansi adalah jasa auditing yang dilakukan oleh akuntan publik. Untuk menjadi seorang akuntan publik dibutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang akuntansi dan auditing, dan memiliki karakter serta sikap mental yang baik. Kepercayaan yang besar dari pemakai laporan keuangan auditan dan jasa yang diberikan akuntan publik mengharuskan akuntan publik memperhatikan kualitas audit yang dilakukannya. Kualitas audit ditentukan oleh dua hal yaitu kompetensi dan independensi. Seberapa besar konsumen mempersepsikan independensi akuntan publik dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen tersebut terhadap kinerja akuntan publik. Dengan demikian, dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mahasiswa Akuntansi, Mahasiswa Non-Akuntansi dan Dosen Fakultas Ekonomi selaku pengguna laporan keuangan mempersepsikan independensi akuntan publik. Data dikumpulkan melalui survei langsung dengan penyebaran kuesioner. Sampel yang diambil adalah mahasiswa dan dosen Universitas Kristen Maranatha. Kuesioner yang disebarkan berjumlah 105, dengan tingkat pengembalian 100%. Dari enam hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, hanya tiga hipotesis yang diterima yaitu bahwa Mahasiswa Akuntansi, Mahasiswa Non-Akuntansi dan Dosen Fakultas Ekonomi mempersepsikan independensi akuntan publik.