Studi Deskriptif mengenai Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Layanan Jasa Hotel "X" Bandung
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan jasa Hotel “X” Bandung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pemilihan sampel menggunakan metode accidental sampling dan jumlah responden sebanyak 73 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi alat ukur SERVQUAL (skala multidimensi untuk menangkap persepsi pelanggan dan harapan kualitas layanan) yang terdiri atas 40 pasang item berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan. Penelitian ini diolah menggunakan gap analysis yang dihitung secara individu dan keseluruhan. Berdasarkan pengolahan data statistik yang telah dilakukan, diketahui bahwa secara keseluruhan sebanyak 61 (83.6%) responden merasa tidak puas dengan kualitas layanan jasa Hotel “X” Bandung, 5 (6.8%) responden merasa cukup puas dengan kualitas layanan jasa Hotel “X” Bandung, dan 7 (9.6%) %) responden merasa sangat puas dengan kualitas layanan jasa Hotel “X” Bandung. Dengan begitu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kebanyakan konsumen Hotel “X” Bandung yang menjadi responden dalam penelitian ini merasa tidak puas terhadap kualitas layanan jasa Hotel “X” Bandung. Saran yang di ajukan untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian lebih dalam lagi mengenai korelasi antara kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan jasa dengan berbagai data penunjang yang dapat melengkapi data utama agar lebih representatif. Selain itu adapun saran bagi Hotel “X” Bandung adalah untuk meningkatkan kualitas layanan jasa pada seluruh dimensi kualitas layanan jasa terutama pada dimensi responsiveness.